Loading ...

Pupuk Indonesia Quality Improvement 2022

Pupuk Indonesia Quality Improvement 2022

Karawang – PT Pupuk Indonesia (Persero) menyelenggarakan konvensi Inovasi Pupuk Indonesia Quality Improvement PIQI 2022 dengan tema Live Long and Prosper, yang diselenggarakan di PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) pada tanggal 5-8 September 2022. Kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi perusahaan dilingkungan Pupuk Indonesia Grup dan menggairahkan pertumbuhan perusahaan.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Achmad Bakir dalam keterangannya mengatakan konvensi inovasi ini diharapkan kita Bersama untuk dapat mendorong Pupuk Indonesia Grup mencapai visi dan misi sebagai perusahaan kelas dunia, serta meingkatkan daya saing perusahaan dengan efektifitas proses, efisiensi biaya dan kinerja dari inovasi yang dihasilkan.

Dalam ajang PIQI 2022, dibagi menjadi tiga kategori inovasi. Ketiga invoasi tersebut adalah Pupuk Indonesia Agile, yaitu inovasi yang mendukung transformasi bisnis, customer centric dan EBITDA Uplift. Kedua Pupuk Indonesia Care, yaitu bertujuan untuk memberikan intangible value bagi customer dan stakeholder. Ketiga Pupuk Indonesia Competent yaitu inovasi pada tingkat operasional untuk menigkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas pada proses bisnis.

Sebanyak 45 tim mengikuti ajang inovasi ini dan 9 tim inovasi terpilih lolos berdasarkan hasil penjurian. Salah satu inovasi terbaik yaitu dari Gugus Inovasi Operasional (GIO) FABA PT Petrokimia Gresik yang menjadi Grand Champion dari kategori PI Agile. Gugus ini menciptakan metode baru dalam memanfaatkan limbah fly Ash-Buttom sebagai pupuk NPK dengan penghematan mencapai Rp. 7,4 miliar per tahun.

PT Pupuk Indonesia Pangan sendiri mengirim 5 tim yaitu terdiri dari gugus PKM Pulen Wangi – PI Competent, PKM SIP PIP – PI Competent, PKM Smart Logistik – PI Competent, PKM Beas Urang Karawang – PI Agile, dan yang terakhir PKM Makmur Bersama – PI Care.

PT Pupuk Indonesia pangan juga mendapatkan penghargaan dalam Konvensi Inovasi PIQI 2022 yaitu sebagai Most Energize Company, yang diwakilkan oleh Bapak Dodi Permadi selaku VP Produksi PT Pupuk Indonesia pangan.